Tips Mencegah Wasir

Tips Mencegah Wasir,- Wasir merupakan penyakit akibat gangguan pada organ pencernaan, yaitu bagian anus. Wasir dapat disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya kurangnya cairan, terlalu banyak duduk, gaya hidup yang tidak sehat, jarang mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan kaya akan serat dapat menyebabkan kotoran menjadi keras dan harus mengejan saat buang air besar , kebiasaan jongkok dalam jangka waktu yang lama saat buang air besar dan mengejan.

Tips Mencegah Wasir

1.Usahan buang air besar secara teratur

Usahkan untuk selalu buang air besar rutin setiap harinya, agar terhindar dari kesulitan buang air besar sebab kotoran yang sulit untuk keluar. Akibatnya mengejan merupakan salah satu solusinya, padahal mengejan bisa membuat pembuluh darah pada anus membesar, sehingga beresiko terjadinya wasir.

2.Perbanyak bergerak

Banyak bergerak merupakan salah satu cara untuk mengurangi resiko terkena wasir. Untuk itu, sering berolahraga minimal 3x dalam seminggu dan kurangi berkendara dengan jarak jauh.

3.Mengkonsumsi makanan cukup serat

Serat adalah salah satu pencegahan wasir yang sangat baik. Hal ni dikarenakan kandungan serat pada makanan akan membantu melunakan tinja sehingga lebih mudah ketika buang air. Oleh sebab itu, cukupi asupan makanan yang kaya akan serat.

4.Minum air dalam jumlah cukup banyak

Usahakan dalam sehari minum air dalam jumlah cukup banyak. Dehidrasi, cukup berpengaruh pada faktor penyebab wasir, sebab membuat tinja keras, yang membuat anda merasa lebih sulit untuk buang air besar. Hal ini bagian dari alasan mengapa timbulnya masalah konstipasi, sehingga akan menyebabkan pembuluh darah disekitar anus membengkak dan akan menjadi wasir jika sering terjadi.

5.Jangan terlalu banyak duduk

Sebab duduk terlalu lama bisa mengakibatkan tekanan pada anus yang memicu timbulnya wasir. Meskipun pekerjaan mengharuskan untuk duduk, sering-seringlah menyempatkan berdiri minimal 2 jam sekali.

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

search